SELURUH RAKYAT PAPUA HARUS BERSATU MENYONGSONG INI

  • 5

09 November 2007

MENUJU PAPUA BARU

RETHINKING PAPUA MERDEKA

Saya ingin mengomentari kembali, tentang adanya kesalahan dalam cara perfikir orang Papua dan pemahaman selama ini yang terus berlangsung sampaihari ini. Kesalahan ini apat berakibat bahaya, namun cara berfikir ini masih banyak menyeselimuti dibenak Bangsa Papua. Kesan bahaya itu adalah adanya pada pemahaman orang Papua bahwa Kemerdekaan Papua akan diberikan oleh Amerika atau bangsa dunia lain. Padahal hal ini, sesungguhnya hanya utopia alias mimpi. Sekali lagi itu tidak mungkin atau muspra belaka. Tapi yang akan menentukan Merdeka adalah kita Manusia Papua, bukan orang lain, mereka hanya mendukung dan mendorong kita bangsa Papua. Karena yang mau merdeka itu bukan mereka tapi kita, sekali lagi, hanya kita saja yang akan tentukan. Oleh karena itu hal-hal berikut ini penting (urgen) untukkita lakukan sebagai rekomendasi yakni :

1. Reformasi PDP

Mengapa? Tujuannnya adalah. Pertama, Evaluasi kinerja PDP pasca Kongres ke-II tahun 1999 lalu sampai saat ini apa saja yang telah berhasil dan mana-mana lagi yang harus ditingkatkan atau dipertajam yang dianggap masih belum terlaksana pada masa kerja sejak dimandatkan oleh Rakyat Papua diPort Numbay tahun 1999 sampai 2006 berarti selama 7 (tujuh) tahun ini. Sebab masa kerja suatu organisasi idealnya adalah tiga tahun.

Kedua, Rekonsiliasi berbagai elemen gerakan yang belum menyatu dan berseberangan pendapat atau pandangan yang ada saat ini. Karena ada yang masuk dalam struktur NKRI ada juga gerakan TPN/OPM dan Mahasiswa atau lainnya yang intinya gerakan "M" yang diperjuangankan masing-masing namun belum kerkoordinasi baik yang berkembang saat ini.

Ketiga, Konsolidasi Gerakan, konsolidasi atau penyatuan sebagai satu titik perpaduan berbagai gerakan yang ada saat ini menjadi penting, dalam satu wadah tanpa meleburkan organ-organ itu, tapi malah organ-organ perlawanan tetap berjalan, hanya anggota berbagai organ gerakan masuk direkrut dalam tim wadah formal yang dibentuk.

Keempat. Reorganisasi, Yakni menggerkkan kembali gerakan perjuangan dalam tugas dan peran yang lebih terpimpin dalam satu payung, entah TPN/OPM ataupunPDP sendiri yang telah dimandatkan oleh rakyat bangsa Papua Barat.

Kelima. Refleksi dan Re-evaluasi sebagai tujuan utama da terutama dalam reformasi PDP sebab setiap apa yang diperjuangkan tentu ada penilaian hasilyang dari tolak ukur itu menjadi catatan penting melanjutkan yang sudah bagus malah lebih ditingkatkan lagi tapi yang dianggap belum berhasil harus di perjuangkan kembali, oleh sebab itu evaluasi penting disini guna menilai hasil kinerja kerja perjuangan Papua "M".

2. Konsensus Nasional Papua

Kalau arah pikiran semua demikian satu, maka kitatinggal tunggu waktu mainnya, artinya jika rekonsiliasi dan konsolidasi sebagai bagian dari evaluasi kerja PDP yang memang di beri mandat oleh rakyat kala itu, mau dilakukan saat ini dan sekarang juga, maka evaluasi bagian dari jalan terakhir bangsa Papua menyatakan diri secara resmi dan dikumandangkan kepada dunia Internasional bahwa apakah Papua mau tetap di NKRI atau keluar sebagai bagian integral yang tak terpisahkan dari Sabang -Merauke atau mau masih tetap dipangkuan ibu pertiwi yang bernama NKRI ini, (sebagaimana di ucapakan pejabat tinggi Papua selama ini, disini saya meminjam kata-kata mereka saja). Dunia hanya menunggu dan menyaksikan keberanian kita menyatakan sikap itu.

Untuk semua maksud ini yang penting dilakukan adalah pertemuan tingkat nasional semua elemen bangsaPapua, dari berbagai gerakan yang bersilang pendapat agar menjadi satu padu kembali. ulan-usulan yang sebelum ini ada maka untuk perhelatan nasional Papua ini yang bersedia menjadi fasilitator dan mediator hendaknya PDP dandi bantu oleh MRP. Karena MRP sebagai suatu wadah kultural yang dibentuk dengan UU oleh pemerintahNKRI, maka ia memiliki keleluasaan untuk itu dibanding oleh PDP yang terstigma sebagai separatis dimata yang menjajah Papua kini.

KAPAN PAPUA MERDEKA?

Kepada siapa harapan Merdeka ini di nantikan oleh rakyat Papua, tidak begitu jelas. Sebaliknya janji-janji muluk yang sering didapat rakyat olehPDP sampai detik ini, dan saat akan datang ini hanyaakan menjadi mimpi-mimpi indah. Jawabannya oleh PDPmaupun elemen-elemennya ada di luar sana harapnyakepada rakyat Papua agar sabar. Sampai kapan? Jawaban muluk dan janji-janji palsu adalah kinerja kerja elemen PDP saat ini.

Omong kosong demikian itu seperti ; Sebentar lagi nanti tunggu barang akan jadi. Lalu mau memerdekakan Papua itu oleh siapa yang kamu harap? Dunia dan PBB hanya melindungi kebrutalan TNI seperti di zaman jajak pendapat di Timor Leste dulu. Tapi yang akan menyatakan secara aklamsi bersama adalah persoalan dan yang harusnya kita dan PDP urus saat ini. Bukan janji dan tunggu-tunggu sebentar lagi barang sudah di Amerika-lah, di PBB-lah dan lain lain janji gombal ala PDP yang di dapati rakyat Papua hari ini. Jawaban pasti sejak kala dulu hingga hari ini tidak memuaskan, sampai harta kekayaan alam Papua direkrut habis oleh Indonesia bersama bangsat atau bangsa lain.

Yang pasti rakyat Papua di pesisir, digunung,dilembah, dibukit-bukit, dipulau-pulau, sepanjang wilayah yang bernama Papua Barat, batas dari Raja Empat Sorong sampai Kepulauan Morrotai sebagai satu kesatuan bangsa yang tak terpisahkan oleh Indonesia kecuali dengan senjata, sedang menantikan jawaban yang konkrit, I X (sekali) lagi, bukan janji tapi bukti. Maka disini saya sarankan kepada generasi muda entahitu adik-adik AMP, HMPJ Jawa-Bali, BEM, HIMACE, HIMAPA dan lain, agar segara mendesak kepada seniorlain di PDP. Agar PDP menghimbau kepada Agus Alue Alua CS dari MRP memediasi Kongres Nasional Papua keIII segera di gelar ulang.

Maksud dan tujuan dari kongres adalah Papuamenyatakan diri dan mengundurkan diri dariIndonesia, titik ! Ini artinya apa? Ya kita merdeka,dan saya kira itu saja jawabannya. Bukan Papua saya yang urus jadi kamu tunggu, tunggu, tunngu. Sampaikiamat juga semua omong kosong. Karena Merdeka atau tidak adalah semuanya konsensus rakyat Papua semua,bukan hanya satu dua orang di mana, tapi bangsaPapua sebagai suatu Bangsa dan Negara yang inginkita wujudkan. Maka kesepakatan sebagai kontraksosial masyarakat Papua sebagai satu bangsa dalampersatuan Negara Papua Barat baik digunung, pesisir,pulau, keturunan dan lain-lain semua rakyat Papuaitu adalah konsensus Politik yang hanya bisa dicapai dalam kongres Nasional ke III itu, lain tidak.

Menurut saya ini adalah solusinya, selain dari inikita tidak bisa berjuang sendiri-sendiri, Tapi dalam pembangunan opini dunia internasional adalah benar delegasi yang ada di luar itu. Tapi Statemen atau pendeklarasian atas Papua keluar dan menyatakan tidak bagian dari RI adalah oleh rakyat bersama.Lobby internasional hanya pelurusan sejarah, dan pembangunan opini. Selebihnya ada pada Kongres keIII itu. Jangan terlalu putar-putar jauh, sampai harapan rakyat bersama kekayaan alam semakin" KJ" dirasakan Rakyat Papua. Intinya untuk sampai tujuan kearah Merdeka yang dinginkan oleh Bangsa kita dari gunung, lembah, pesisir pedalaman, pedalaman pegunungan dan pulau pedalaman serta kota pegunungan Tengah -singkatnya seluruh komponent rakyat Papua, saat ini adalah Kongres Nasional Papua.

Namun penting saya ingatkan kepada semua termasuk diri saya sendiri, bahwa banyak pelajaran bagi kita sebelum ini misalnya: Mengharap Amerika atau Belanda buat kita jadi Merdeka. Lalu masyarakat banyak menyumbang uang ke PDP yang berjanji mampu membawa kita keluar dari penjara NKRI. Tapi semua itu gombal, fenomena Willy Mandowen kita tahu bersama saat ini.

Kebiasaan cara berfikir kita, harus rubah dan ganti sekarang juga ! Dan umunya rakyat kita bangsa Papua Barat banyak berharap akan datangnya juru selamat (mesianisme), untuk membebaskan dan memerdekakan kita, Bangsa Papua, harus di akhiri sekarang juga ! Oleh sebab itu sekarang ini juga secara kongkrit saya usulkan; segera gelar kongres ke III untuk kita memerdekakan diri sendiri tanpa berharap uluran tangan-bantuan uluran tangan iblis atau Tuhan!Karena Tuhan atau Iblis sekalipun tidak perduli atas nasib bangsa kita Papua Barat.

Disini saya sarankan kepada KP AMP bahwa Filmarahan Garin Nugroho bertemakan; 'Aku inginmenciummu sekali saja' menjadi inspirasi sekaligusprediksi kita, bahwa yang menentukan Papua Merdekabukan, sekali lagi bukan, oleh orang lain, tapi olehOrang Papua sendiri. Negara seperti Indinesia,Amerika, Australia, PNG, dan PBB sekalipun hanyamendukung, bukan menentukan kita Merdeka. Namun sayaulangi lagi yang menentukan adalah kita sendiri.Ingat ! Papua Merdeka sekarang atau tidakhanya-oleh-dari dan berasal dari Orang Papuasendiri.

Papau Merdeka dalam prediksi sebagaimana alur cerita film diatas bukan oleh siapa-siapa, tapi Orang Gunung. Semua punya peran tapi yang paling menentukan adalah orang gunung. Mengapa? Sebab secara kulural yang paling menderita adalah OrangPapua Gunung. Dan yang paling sulit di Indonesiakan adalah Orang Gunung. Tapi juga yang paling solid adalah juga orang gunung, lihat saja mereka lebih giat dalam perjuangan sampai hari ini. Mengapa?Mereka kuat akar budayanya.

Reformasi Gerakan Kongres ke III, adalah solusi penting menentukan kita cepat merdeka. Oleh sebab itu saran saya lakukan reformasi total. Dengan jalan mengganti gerakan perjuangan oleh kalangan generasi muda. Papua merdeka yang diharap Rakyat Papua yang dimandatkan kepada PDP telah gagal. Saat ini kita tidak lagi berharap pada PDP. Bukan oleh PDP, atau siapapun senior kita yang lain. Tapi kita tetap hargai peranan dukungan mereka.

Lakukan reformasi total gerakan dari kalangan muda yang lebih energik. Dan pilih dan susun ulang pemelihan ketua perjuangan untuk memilih Ketua Umum baru dalam perjuangan. Kita saat ini cukup banyak memiliki SDM untuk dimajukan jadi memimpin Papua dan mempersiapkan kita merdeka nanti. Senior kita umumnya terjebak pada politik pragmatis dengan menduduki jabatan dalam otonomi khusus saat ini. Jadi kita tidak bisa banyak berharap dari mereka, walaupun tidak semua.

Paradigma Baru Perjuangan

Rasanya menuju Papua Merdeka, kita membutuhkan paradigma baru atau suatu landasan baru, yang akan dapat mewujudkan gerakan yang tidak hanya berharap pada beberapa orang, tetapi pressur-pressur dan manuver yang dilakukan saudara Hans Gebse cukup efektif untuk mencari perhatian dunia internasional. Hal yang sama cukup bagus dilakukan saudara-saudara kita yang meminta suaka ke Australia. sebab hal demikan akan secara sistematis melibatkan perhatian Negara lain untuk perduli masalah kita kedepan ini.

Mahasiswa semua kota study kucup baik perannya dengan aksi-aksi demonstrasi, namun harus lebih dieffektifkan lagi. Kemudian kita sudah lihat negara-negara Eropa oleh kawan-kawan yang ada disana bersama kaum peduli lingkungan hidup, melakukan aksi itu sangat membantu membuka mata hati dunia Internasional, tentang ada apa dengan Papua. Lalu yang paling penting lainnya adalah terus menggugat existensi PT. Freeport agar kepentingan Amerika Indonesia terus terganggu dan dalam hal bantuan persenjataan Militer Indonesia terus diembargo oleh Amerika.

Kemudian hal yang akan membuat orang lain peduli pada kita adalah selain aksi demostrasi tetapi juga adalah aksi minta suaka pada negara-negara lain terutama negara Eropa dan Afrika. Lalu peran dan aksi OPM sangat menentukan sekali, mengingat secara kelembagaan dunia Internasional mengakui dan menghitung existensi OPM/TPN. Oleh sebab itu paradigma baru kedepan pasca kongres ke-III nanti ,guna memperkuat posisi mereka harus dilakukan perjajian kerja sama dengan Amerika dengan Papua sebagai pemilik hak ulayat PT. Freeport dapat dilakukan di bawa tanah perjanjian bantuan kemiliteran, baik latihan maupun persenjataan sebagai alat pertahanan.

Menuju Papua Baru

Untuk menuju Papua baru bagi saya tiada lain, selain usulan kongres III tadi, dan memilih pemimpin baru dalam gerakan. Saya usulkan mari satukan langkah semua komponen organisasi Papua saat ini, untuk berkongres, dan memilih pemimpin baru. Kalangan muda saat ini telah banyak yang siap untuk menggantikan orang tua-tua kita yang sudah mulai lelah. Mari satukan semua dari gunung sampai Pantai, untuk melakukan dan memilih Ketua Umum Gerakan kita. Kita tidak bisa berpecah-belah terus begini.

Salam Merdeka!!!

Tidak ada komentar: